Thu04242014

Last update02:37:02 AM GMT

Font Size

Profile

Menu Style

Cpanel
Back Suara Pemilu Suara Pemilu Pilgub Sumsel Diulang

Pilgub Sumsel Diulang

  • PDF

PALEMBANG, BeritAnda - Terkait adanya gugatan pasangan cagub Sumsel tak terpilih kepada MK (Mahkamah Kontitusi) atas kemenangan pasangan incumbent nomor urut 4, kini berhasil dikabulkan oleh MK dengan memutuskan untuk melakukan pemilihan ulang kembali di beberapa kabupaten/kota yang ada di Sumsel.

Calon Gubernur Sumsel, Herman Deru memenangkan gugatan sengketa Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Mahkamah Konstitusi (MK).

MK membatalkan keputusan KPU Sumsel No 33 tentang hasil rekapitulasi pemilihan dan keputusan KPU Sumsel nomor 34 tentang penetapan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumsel terpilih.

MK lalu memutuskan pemilihan ulang di OKU Timur, OKU, Prabumulih, Palembang, dan Kecamatan Warkuk Ranau Kabupaten OKU Selatan.

"Kita akan siap menerima apapun keputusan dari MK tersebut," ucap Ketua KPU Sumsel Anisatul Mardiyah kemarin, sebelum diputuskannya keputusan pihak MK yang memenangkan gugatan pasangan cagub tak terpilih ini.

Sementara itu, Ketua tim advokasi pasangan cagub Sumsel nomor ururt 3, Herman Deru-Mahpilinda Andi Sofrani, bersyukur atas keputusan MK yang memenangkan gugatan kliennya dengan melakukan pemilu ulang di beberapa kabupaten/kota yang ada di Sumsel.

"Ada 5 kabupaten yang dilakukan pemilu ulang yakni OKU Timur, OKU, Prabumulih, Palembang, dan Kecamatan Warkuk Ranau Kabupaten OKU Selatan," ucap Andi saat dihubungi melalui via telepon genggam karena masih berada di Jakarta, Kamis (11/7/2013).

Dirinya juga menghimbau kepada masyarakat luas agar dengan adanya pemilu ulang ini maka meminta warga ikut serta dalam melakukan pengawasannya, supaya tindak kecurangan yang dilakukan pihak lain tidak terjadi kembali.

"Pak Herman Deru menyampaikan langsung rasa terima kasihnya kepada kami, dan seluruh doa masyarakat. Beliau juga meminta maaf karena tidak dapat hadir langsung di Jakarta, sebab sedang sibuk dalam mengemban tugas sebagai Bupati," ujarnya.

"Kedepan, juga kami meminta kepada pihak penyelenggara pemilu agar bersikap adil dan tidak mementingkan kepentingan pribadi,” tambahnya.

Ketika ditanya apakah ada terindikasi keterlibatan pihak penyelenggara terhadap Pemilukada tersebut, dikatakan oleh Andi, dirinya tidak berani mengatakan apa-apa, sebab belum ada bukti-bukti spesifik yang mengarah kesana.

"Kalau KPU tentu bukan ranahnya MK, tapi ke DKPP. KPU Sumsel kami minta agar netral dalam pelaksanaan pemilu ulang di beberapa kabupaten/kota nantinya," tegas Andi.

Diberitakan sebelumnya bahwa gugatan 3 cagub Sumsel tak terpilih masuk ke MK secara bersamaan pada tanggal 18 Juni, namun saat memasuki masa sidang perdana pasangan Iskandar-Hafis dianggap tidak melakukan gugatan karena Hafis tidak mau menandatangani surat kuasa hingga akhirnya sidang dilanjutkan dengan gugatan hanya dari dua pasangan cagub ESP-WIN dan Herman Deru-Mahpilinda (Derma), terhadap pasangan incumbent Alex-Mekki (Alim) yang memenangkan Pilkada sesuai putusan KPU Sumsel.

Sementara itu, pengamat politik Joko Siwanto menilai, putusan untuk melakukan pemilihan ulang di kabupaten/kota itu menguntungkan pasangan Herman Deru-Maphilinda.

"Potensi Alex kalah ada, karena ini yang diulang kantong suara Heman Deru," ucap Joko saat dimintai tangapan mengenai putusan MK via telepon. (Anang)

*BeritAnda.com sekarang sudah dapat diupload di Android-Smartphone-Blackberry*

 

Site Launch
Site Launch