Thu04172014

Last update05:14:19 PM GMT

Font Size

Profile

Menu Style

Cpanel
Back Nusantara Sumatera Sumatera Selatan DPT OKU Belum Dimutakhirkan

DPT OKU Belum Dimutakhirkan

BATURAJA-OKU, BeritAnda - Daftar Pemilih Tetap (DPT) Kabupaten OKU sampai sekarang belum dimutakhirkan oleh Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) setempat, karena belum ada petunjuk teknis dari provinsi maupun pusat untuk melakukan hal itu.

Devisi Penyelenggara KPUD OKU, Dewantara Jaya, Sabtu (14/7) menjelaskan, data DPT di Bumi Sebimbing Sekundang saat ini masih mengacu pada DPT Pemilihan Bupati OKU 2010, yakni 236.159 mata pilih yang terdiri atas laki-laki 120.531 mata pilih dan perempuan 115.628 mata pilih.

Dijelaskannya, guna mengetahui perubahan DPT perlu dilakukan pemutakhiran data terlebih dahulu dengan mekanisme data DPT terakhir dijadikan Daftar Pemilih Sementara (DPS), lalu dimutakhirkan dan setelah itu baru bisa diketahui perubahannya.

Sementara Devisi Sosialisasi dan Data KPUD OKU, Zulfikar Alipadjri membenarkan, pihaknya untuk saat ini belum bisa memastikan ada atau tidak perubahan DPT di daerah itu, sebab belum dilakukan pemutakhiran data.

Kendati demikian, lanjut dia, berdasarkan pengalaman sebelumnya jumlah DPT biasanya akan mengalami perubahan, baik itu ada penambahan ataupun pengurangan dengan jumlah bervariasi.

"Yang jelas dibandingkan Pilbub 2010 lalu pasti ada perubahan, sebab ada mata pilih yang meninggal dunia, pindah dan pemilih pemula," tegasnya.

Disinggung kapan jadwal pemutakhiran data akan dilakukan KPUD OKU, Dewantara menegaskan, mengingat proses pemilihan kepala daerah (Pilkada) yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat adalah Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sumatera Selatan (Sumsel), yakni 2013 nanti, maka proses pemutakhiran sepenuhnya dilakukan KPU Provinsi.

"KPUD OKU hanya sebatas membantu saja, sementara pelaksanaan pemutakhiran data akan dilakukan pihak provinsi," pungkasnya. (Man)

Site Launch
Site Launch