Tue04152014

Last update01:44:35 AM GMT

Font Size

Profile

Menu Style

Cpanel
Back Nusantara Sumatera Sumatera Selatan DPRD Tes Calon KPID Sumsel

DPRD Tes Calon KPID Sumsel

PALEMBANG, BeritAnda - Pihak DPRD Sumsel dalam waktu dekat akan menyaring 7 orang dari 21 nama yang telah lulus ditahapan penyeleksian oleh pihak Timsel Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Sumsel, untuk disahkan oleh Gubernur Sumsel saat rapat paripurna, menjadi Komisioner KPDI Sumsel periode mendatang, dengan terlebih dahulu menjalani tes uji kelayakan.

Ketua Komisi 1 DPRD Sumsel, Yuswar Hidayatullah mengatakan, penyeleksian 21 nama calon komisioner KPID Sumsel sendiri akan dilakukan secara terbuka dan mengundang para ahli dari luar. Dimana masyarakat boleh menyaksikan uji kelayakan tersebut.

”Setelah dapat 7 nama sesuai tahapan dan peringkat, mereka yang kemudian akan kita serahkan ke gubernur, untuk disahkan saat paripurna. Serta mendapatkan SK sesuai aturan yang ada,” katanya, Senin (23/9/2013).

“Daftar nilai variabel intergritasnya, tentang makalahnya, psikotesnya, akan kita rangkum dalam evaluasi secara musyawarah mufakat sesuai uji kelayakan yang dilakukan terbuka. Ini bernilai objektif, serta benar-benar produk DPRD Sumsel, bukan hanya komisi 1 saja, dengan juga menyiapkan sejumlah nama cadangan guna antisipasi jika terjadi pemunduran diri salah satu terpilih saat menjabat,” tambah Yuswar.

Sementara Ketua Tim Seleksi Calon Anggota KPID Sumsel, Amin Suyitno menuturkan, setelah diserahkannya nama-nama calon anggota KPID Sumsel melalui proses yang selektif, maka kewenangan dari Komisi I DPRD Sumsel untuk melakukan fit and proper test atau uji publik ketahap berikutnya.

”Meskipun tidak secara formal, kami timsel akan terus memantau, dan semoga saja dari 1-2 orang yang telah kami rekomendasikan menjadi terpilih dan mereka bertujuh yang terpilih semoga dapat bekerja secara baik dan benar,” katanya.

“Kami memang tidak memiliki domain untuk menilai secara intergritas, karena memang telah masuk dalam kewenangan DPRD Sumsel. Mereka akan diuji oleh publik bagaimana intergritas mereka, yang tentunya akan lebih terlihat lagi setelah dieksplorasi oleh para anggota dewan, apakah mereka benar-benar memiliki intergritas yang diamanatkan di dalam undang-undang,” pungkasnya. (Anang)

Site Launch
Site Launch