Thu04242014

Last update02:37:02 AM GMT

Font Size

Profile

Menu Style

Cpanel
Back Nusantara Sumatera Sumatera Selatan Pengambilan BPKB Tanpa Dipungut Biaya

Pengambilan BPKB Tanpa Dipungut Biaya

MARTAPURA-OKUT, BeritAnda - Kapolres Ogan Komering. Ulu (OKU) Timur, AKBP Hengky Widjaya,  melalui Kepala Satuan Lalulintas (Kasat Lantas), AKP M Yakin, Kamis (19/9/2013) mengatakan, saat ini Korlantas Mabes Polri sudah mendistribusikan BPKB ke setiap Polda.

Untuk OKU Timur sendiri sejak Februari hingga September ini, menurut Yakin, sudah ada 9.000 berkas permohonan BPKB baru. “Namun karena terkendala materialnya belum ada, sehingga belum dicetak semua. Itulah salah satu yang membuat terhambatnya penyerahan BPKB kepada pemilik kendaraan bermotor,” ungkapnya.

Dari jumlah 9.000 permohonan, lanjut dia, Satlantas Polres OKU Timur baru menerima 2.500 dari Polda Sumatera Selatan (Sumsel) untuk pemohon BPKB, dari Februari hingga April. "Terkait keterlambatan tersebut, kita menghimbau masyarakat yang membeli kendaraan pada Mei hingga Juni agar bersabar sampai BPKB yang baru bisa diambil,” ujarnya.

Namun saat ini setelah adanya BPKB dari Korlantas Mabes Polri yang sudah disuplay ke setiap Polda, diharapkan bias membantu masyarakat yang sudah lama menunggu BPKB kendaraan bermotornya.

”Mudah-mudahan tidak lama lagi BPKB kendaraan bermotor, meskipun belum seluruhnya, sudah bisa kita cetak dan serahkan kepada pemiliknya,” terangnya.

Dikatakannya, untuk BPKB yang baru ada perubahan yakni 14 lembar. ”Tapi fungsinya tetap sama. Sehinga masyarakat pemilik kendaraan bermotor jika sudah menerima BPKB yang baru jangan kaget, karena memang ada perubahan dari BPKB yang lama,” tandas Yakin.

Dalam perbulan, pemohon BPKB untuk kendaraan bermotor, lanjut Yakin, sekitar 1.500 BPKB baik kendaraan roda empat maupun roda dua. “Dan disini perlu saya tegaskan kepada masyarakat untuk pengambilan BPKB yang sudah jadi, sepeserpun tanpa dipungut biaya,” jelasnya.

Dadang, salah satu warga Martapura mengatakan, ia sangat berharap BPKB kendaraannya segera bisa diambil. Namun karena selama ini memang ada kekosongan buku BPKB, untuk itu dirinya harus bersabar.

”Saya mendapat informasi beberapa bulan lalu, memang buku BPKB itu kosong. Tapi bukan hanya di daerah kita, namun seluruh Indonesia kosong,” ucapnya. (Yanto)

Site Launch
Site Launch