Fri04182014

Last update04:40:04 PM GMT

Font Size

Profile

Menu Style

Cpanel
Back Nusantara Sumatera Sumatera Selatan Verval NUPTK Guru Ditutup 30 September

Verval NUPTK Guru Ditutup 30 September

PRABUMULIH, BeritAnda - Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Prabumulih, mengingatkan kepada tenaga pendidik dan non pendidik agar segera mengaktifkan atau memverifikasi dan validasi (verval) nomor urut pendidik dan tenaga kependidikan (NUPTK) hingga batas tanggal 30 September 2013 mendatang.

Jika verval NUPTK tidak dilakukan hingga batas tanggal tersebut, maka seluruh bentuk tunjangan yang diterima PTK selama ini akan distop.

"Jika NUPTK masih aktif, harus di verval atau diaktifkan kembali, jika tidak maka semua bentuk tunjangan yang diberikan kepada PTK akan distop, dan pihak pemerintah pusat akan menonaktifkan sistem yang lama, sehingga NUPTK yang tidak di verval hingga 30 september mendatang maka tidak akan diaktifkan lagi," ungkap Kepala Disdik Kota Prabumulih M Rasyid SAg, melalui staff program Ediansyah, ketika dibincangi akhir pekan kemarin.

Menurut Ediansyah, pendataan verval itu penting dilakukan bagi tenaga pendidik dan non pendidik untuk mengaktifkan kembali NUPTK mereka selamanya. Disamping sebagai upaya pemerintah pusat dalam mendata ulang NUPTK yang masih aktif, dan nantinya bisa dilihat secara lengkap pada website yang disediakan yakni, padamunegeri di http://118.98.222.83.

“Informasi ini juga sudah kita beritahukan dengan mengundang seluruh kepala sekolah dan operator sekolah mulai dari tingkat TK hingga SMA/SMK,” ujar Ediansyah.

Masih dikatakan Ediansyah, saat verval NUPTK dilakukan hendaknya langsung oleh guru yang bersangkutan. Hal itu dikarenakan formulir verval berisikan pertanyaan dan data diri pribadi tenaga pendidik yang tidak diketahui oleh orang secara umumnya.

Dalam proses verval NUPTK itu nanti, sambung Ediansyah, setiap PTK wajib mengikuti integrasi evaluasi diri sekolah (EDS).  Namun sebelum proses aktivasi tersebut, operator harus lebih aktif dan lebih dulu mengisi formulir pada bintang 1, baru bisa dilanjutkan ke bintang 2 yang isinya merupakan data PTK, dan terakhir baru bintang 3 EDS.

"Pada saat membuka program padamunegri, dan usai login pada username yang sudah ada, maka akan ketemu dengan verval 1. Dalam verval satu terdapat 4 bintang, bintang 1 diisi oleh operator, bintang 2 guru yang bersangkutan atau PTK pemilik NUPTK, dan bintang ke-3 EDS, lalu yang ke-4 Dinas Pendidikan. Namun sampai sekarang belum dibuka dari pusat, mungkin pada saat semuanya sudah verval akhir september mendatang," pungkasnya.(dn)

Site Launch
Site Launch