Sun04202014

Last update05:16:56 PM GMT

Font Size

Profile

Menu Style

Cpanel
Back Nusantara Sumatera Sumatera Selatan Guru Menunggu Pencairan Dana Sertifikasi

Guru Menunggu Pencairan Dana Sertifikasi

MARTAPURA-OKUT, BeritAnda - Dana sertifikasi guru di Kabupaten OKU timur triwulan 1 priode Januari-Maret sudah dicairkan untuk sebagian guru yang sudah melengkapi persyaratan. Sementara sebagian guru lainnya masih menunggu karena persyaratan yang diajukan belum lengkap dan diberi tenggang oleh pemerintah pusat hingga tanggal 30 Juni 2013.

Menurut Kepala Diknas Kabupaten OKU Timur, Drs Surya Bhakti MM, Senin (24/6/2013), hingga saat ini proses pencairan dana sertifikasi guru masih terus berjalan. Untuk triwulan pertama, lanjutnya, pencairan dana sertifikasi sudah dilakukan sebanyak dua tahap, baik melalui dana transfer daerah maupun melalui dana dekon yang dibayarkan pemerintah provinsi.

“Sebenarnya keterlambatan pembayaran sertifikasi sebagian besar disebabkan oleh berkas yang dikirimkan guru tidak lengkap, yang didominasi oleh dapodik (data pokok pendidikan), seperti kekurangan jam mengajar dan persyaratan lainnya,” terang Surya Bhakti.

Pada dasarnya, sambung dia, keterlambatan bukan disebabkan oleh SK penetapan penerima sertifikasi oleh pemerintah pusat, melainkan oleh persyaratan yang dikirimkan guru tidak lengkap.

“Hal itulah yang menyebabkan dana sertifikasi terkadang lambat untuk dibayarkan karena SK belum bisa dikeluarkan akibat sejumlah persyaratan masih belum dipenuhi. Untuk itu, akibatnya SK penetapannya terlambat,” jelas Dia.

Terpisah, Sri Hartini SE, Staff Diklan Diknas OKU Timur menambahkan, jumlah peneirma dana sertifikasi di OKU Timur selama bulan Juni 2013, Diknas OKUT telah menyalurkan dana sertifikasi sebanyak dua tahap. Untuk tahap pertama, guru yang menerima dana sertifikasi berjumlah 1148 guru dan tahap kedua sebanyak 494 guru.

“Sedangkan untuk guru yang belum menerima sertifikasi dan masih dalam tahap melengkapi berkas saat ini sebanyak 229 orang guru. Persyaratan dari 229 guru tersebut sudah lengkap dan tinggal mengirimkannya lagi. Namun karea pemerintah pusat memberi tenggang waktu hingga tanggal 30 Juni, jadi kita masih menunggu sejumlah guru yang masih melengkapi berkas lainnya, agar pengirimannya bisa dilakukan secara bersamaan,” terangnya.

Jika guru yang belum melengkapi berkas hingga tanggal 30 juni ini, lanjut Sri, maka pemerintah pusat akan menghapuskan dana sertifikasi untuk guru yang bersangkutan selama tahun 2013.

“Artinya, jika hingga tanggal 30 nanti datanya masih belum falid, maka dana sertifikasi akan dihanguskan,” katanya.

Sebagian besar guru yang terkendala persyaratan, kata dia, adalah kurangnya data pokok pendidik (dapodik) yang disebabkan oleh jam mengajar yang masih kurang.

“Data dominan yang masih kurang adalah kekurangan jam mengajar. Ada guru yang kekurangan jam mengajar, dan sudah tidak bisa mengajar di sekolah lain. Kendala itulah yang hingga saat ini masih banyak terjadi,” tandasnya. (Yanto)

 

Site Launch
Site Launch