Fri04182014

Last update12:59:02 PM GMT

Font Size

Profile

Menu Style

Cpanel
Back Nusantara Sumatera Sumatera Selatan HMI OKUT Tuntut Perbaikan Jalan Kabupaten

HMI OKUT Tuntut Perbaikan Jalan Kabupaten

MARTAPURA-OKUT, BeritAnda - Kondisi jalan kabupaten milik Pemerintah Kabupaten OKU Timur yang rusak dikeluhkan masyarakat. Karena kurang mendapat perhatian dari DPRD dan Pemkab OKUT, Rabu (16/1/2013) puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang OKU Timur melakukan aksi di kantor DPRD, Polres dan Pemkab OKU Timur.

Mahasiswa tersebut menuntut agar pemerintah OKUT segera melakukan perbaikan terhadap jalan yang rusak terutama di daerah-daerah perbatasan dan pelosok desa.

Koordinator lapangan (Korlap) aksi, Imam Muhtasor, dalam orasinya mengatakan masyarakat menuntut agar DPRD jangan hanya diam dan seolah-olah tidak perduli dengan kondisi yang ada, jangan hanya ketika akan Pemilu baru mendekati masyarakat agardipilih.

“Rusaknya jalan yang berada di daerah perbatasan tentu sangat membuat resah masyarakat. Karena dengan kondisi jalan yang jelek akan mengganggu kelancaran lalu lintas.”

Selain itu mahasiswa juga meminta agar Pemkab OKU Timur untuk menghentikan dan tindak tegas pelaku alih fungsi lahan pertanian ke non pertanian sesuai Perda No 7 tahun 2009 untuk menjaga lumbung pangan OKU Timur.

“Sekarang ini di Belitang banyak gedung ruko dibangun di atas areal persawahan, jika alih fungsi lahan ini terus dibiarkan ini tentunya akan mengakibatkan semakin sempitnya lahan pertanian,” ujarnya.

Adapun isi dalam pernyataan sikap HMI yakni meminta pemerintah daerah membangun akses jalan dan jembatan kabupaten yang rusak secara merata. Hentikan dan tindak tegas pelaku alih fungsi lahan pertanian ke non pertanian sesuai Perda No 7 tahun 2009 untuk menjaga lumbung pangan OKU Timur. Meminta Polres untuk menekan angka kriminalitas yang semakin meningkat. Hapus dan tindak tegas segala bentuk perjudian. Menghimbau DPRD OKU Timur untuk wajib melaksanakan reses dan melibatkan mahasiswa. Seiring dengan naiknya APBD OKU Timur tahun 2013 diharapkan pembangunan sesuai dengan yang dicanangkan. HMI Cabang OKU Timur akan mengawal APBD OKU Timur tahun 2013.

Sementara, dua anggota DPRD OKU Timur dari Komisi I ,Yudismanto dan Ahsan Daud, saat menerima para pengunjuk rasa mengatakan, pihaknya akan menyampaikan aspirasi mahasiswa. “Agar pelaksanaan pembangunan infrastrutur berjalan sesuai yang diharapkan masyarakat, tentunya perlu pengawasan dari seluruh elemen termasuk mahasiswa. Untuk itu, realisasi pembangunan infrastruktur akan dilakukan sesuai tahapan, dan dilakukan pada Juli 2013 nanti kita sama-sama melakukan pengawasan,” terangnya mengajak mahasiswa

Sedangkan unjuk rasa yang dilakukan sekitar 50 orang HMI itu berjalan aman dan tertib dengan pengawalan petugas terkait. (Yanto)

Site Launch
Site Launch