Thu04172014

Last update05:14:19 PM GMT

Font Size

Profile

Menu Style

Cpanel
Back Nusantara Sumatera Bangka Belitung Kadin PU Babel: Kontraktor Tidak Mengukur Kemampuan Diri

Kadin PU Babel: Kontraktor Tidak Mengukur Kemampuan Diri

  • PDF

BELITUNG TIMUR, BeritAnda - Kontraktor selayaknya menjaga kualitas proyek yang dikerjakan, jika kontraktor berani mengajukan penawaran lebih dari 20 persen, pasti akan mengorbankan kualitas.

Hal ini dikatakan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Bangka Belitung, Sarju, saat memberikan arahan kepada perserta musawrah kerja daerah Gapensi 2013 di Oasis Hotel manggar Beltim, Sabtu (4/5/2013).

Kaitan dengan K3, menurut Sarju, kontraktor harus memperhatikan aspek keselamatan pekerja. Pekerja harus diberikan perangkat keamanan yang cukup saat bekerja, apalagi pada bangunan bertingkat. keselamatan dan kesehatan pekerja harus di back up dengan jaminan asuransi tenaga kerja. Sehingga setiap kejadian yang menimpa pekerja bisa tertangani dengan baik sekaligus mendapatkan hak-hak secara penuh.

“Keberadaan pekerja sebetulnya harus di back up jaminan tenaga kerja. Jangan sampai ada kecelakaan baru ribut, sementara tidak ada asuransi yang melindungi," jelasnya.

Ditambahkannya, asuransi tenaga kerja (Astek) gunanya melindungi pekerja kita saat mulai kerja. Sehingga kontraktor sejak awal sudah membayarkan jaminan tersebut. "Kebanyakan waktu pekerjaan mau selesai, ditanya Astek baru sibuk melengkapi, tidak ada istilah cincai, karena itu salah satu syarat yang harus dipenuhi. Hal itu penting supaya tidak ada yang rugi. Sudah bayar mahal (asuransi pekerja) masak hanya untuk persyaratan termin saja," tegasnya lagi.

Kadin PU Provinsi juga menilai, masih banyak kontraktor tidak mengukur kemampuan saat mengambil proyek. Bahkan terkadang mengajak kontraktor luar daerah untuk mengambil proyek dalam daerah. "Kontraktor hendaknya ukur kemampuan sesuai grid, jangan memaksakan. Jika tidak sesuai grid jangan membawa kontraktor luar, padahal masih ada rekanan lain di daerah yang memiliki grid," himbau Sarju
(Helmi)

 

Site Launch
Site Launch