Sun04202014

Last update05:16:56 PM GMT

Font Size

Profile

Menu Style

Cpanel
Back Nusantara Nusa Tenggara Barat Gubernur NTB dan Kapolda NTB Turun ke Godo

Gubernur NTB dan Kapolda NTB Turun ke Godo

BIMA-NTB, BritAnda - Gubernur NTB, Dr.KH. Zainul Mazdi, MA bersama Kapolda NTB yang baru Brigjen Pol. M. Iriawan, Rabu (3/10), pasca terjadinya pembakaran sejumlah 88 rumah warga Godo Kecamatan Woha oleh warga Samili Kecamatan Woha sehari sebelumnya turun ke Dusun Godo Desa Dadibou Kecamatan Woha Kabupaten Bima.

Bagian Humas dan Protokol Setda Pemerintah Kabupaten Bima Aris Gunandar menyampaikan, selain Gubernur dan Kapolda, Bupati H.Ferry Zulkarnain, Wakil Bupati Bima H. Syafruddin, Kapolres Bima Kota AKBP Kumbul, KS, S.IK, Kapolres Bima AKBP Dede Alamsyah, Kapolres Dompu AKBP Beny, dan Dandim 1608 Letkol Inf. Tomy Ferry, ikut melihat secara langsung bagaimana kesedihan warga Godo pasca rumah mereka dibakar rata dengan tanah oleh warga Samili.

Saat tiba di lokasi, ratusan korban yang terbakar rumahnya itu sudah berkumpul lebih dulu di bawah tenda bersama Bupati Bima H.Ferry Zulkarnain. Di bawah tenda itulah masyarakat memberikan kesempatan Gubernur NTB untuk berbicara tentang tujuan kunjungannya.

Demikian sebaliknya, warga Godo setempat diberikan kesempatan untuk menyampaikan keluh kesahnya pasca peristiwa pembakaran rumah mereka tersebut. Salah seorang delegasi warga Godo Junaidin, menyampaikan beberapa poin tuntutan di depan Gubernur dan Kapolda NTB. Pertama, atas nama warga Godo Junaidin meminta Gubernur NTB dan Bupati Bima agar segera membangun kembali rumah warga yang dibakar. Kedua, meminta kepada Kapolda NTB, agar mencopot Kapolres Kabupaten Bima AKBP Dede Alamsyah, karena dinilai tidak mampu melaksanakan tugas dengan baik, tentunya dengan tidak mengedepankan kepentingan rakyat banyak.

Tuntutan pencopotan jabatan Kapolres Kabupaten Bima itu memiliki alasan jelas bagi warga. Antara lain, Kapolres, Kapolsek Woha dan seluruh anggota yang ditugaskan untuk menjaga Godo pra peristiwa pembakaran telah membuat sebuah komitmen. Bentuk Komitmen waktu itu, bahwa jajaran kepolisian siap mengamankan rumah warga Godo, namun pada realitasnya polisi justru diduga kuat membiarkan warga Samili membakar hangus rumah warga Godo.

"Saya atas nama warga Godo, meminta Bapak Kapolda NTB mencopot Kapolsek karena telah gagal memimpin daerah ini," ujar Junaidin di depan Gubernur NTB, Kapolda NTB, Bupati Bima, termasuk Kapolres Kabupaten Bima.

Mendengar permintaan warga melalui tuntutan Junaidin itu, Gubernur menyampaikan, persoalan rumah warga Pemerintah Provinsi NTB dan Pemerintah Kabupaten Bima telah berkomitmen untuk membangun kembali rumah warga. Saat ini Dinas Sosial, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi NTB telah melakukan langkah-langkah awal untuk menjawab seluruh keperluan dan kebutuhan warga Godo.

"Sekarang ini masing-masing dinas terkait sudah saya perintahkan untuk memberikan bantuan dan pelayanan maksimal bagi rakyat Godo," ujar Gubernur saat itu.

Pada kesempatan itu, Gubernur meminta kepada warga agar tidak lagi melakukan aksi dendam pada warga Samili. "Terimalah cobaan ini dengan lapang dada, hiduplah secara rukun, pemerintah telah berkomitmen untuk membangun rumah warga yang telah dibakar. Insyaallah, saya bersama Bupati Bima akan siap membangun rumah warga," janjinya Gubernur.

Statemen Gubernur diperkuat lagi oleh Bupati Bima H.Ferry Zulkarnain saat itu juga. Kata Bupati Bima, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten Bima akan membangun kembali rumah warga yang sudah dibakar.

"Tidak ada kata lain selain membangun kembali, itu janji Pemerintah Provinsi NTB dan Kabupaten Bima," tegas Bupati.

Menyangkut tindak pidana yang dilakukan oleh oknum warga, seperti membakar rumah dan adanya oknum yang memprovokasi keadaan, itu akan menjadi tanggung jawab aparat penegak hukum. Intinya, warga Godo dan Pemerintah meminta aparat kepolisian agar memproses secara hukum pelaku pembakaran dan pelaku provokasi tersebut.

"Saya atas nama warga Godo meminta polisi untuk usut tuntas kejahatan tersebut," pinta Bupati mengakhiri pertemuan singkat itu.

Usai pertemuan itu, warga Godo mengiring rombongan Gubernur NTB dan Kapolda NTB. untuk melihat keliling rumah-rumah warga yang hangus terbakar. Terlihat jelas bekas api dan puing-puing yang terbakar. (Suhairy)

Site Launch
Site Launch