Sun04202014

Last update02:21:23 AM GMT

Font Size

Profile

Menu Style

Cpanel
Back Nusantara Sumatera Selatan Tidak Lulus Seleksi, Puluhan Pekarya Pertamina Datangi Disnakertrans

Tidak Lulus Seleksi, Puluhan Pekarya Pertamina Datangi Disnakertrans

PRABUMULIH, BeritAnda - Suasana kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kota Prabumulih, Jumat (9/3/2012) pagi, mendadak ramai setelah didatangi oleh puluhan pekarya dari PT Pertamina EP Region Sumatera dan UBEP Limau.

Kedatangan puluhan tenaga kerja kontrak ini diketahui untuk memertanyakan surat lamaran mereka yang dinyatakan tidak lolos seleksi administrasi oleh Tim Panitia.

“Kami ingin tahu pak, dimana letak kesalahannya. Perasaan semua persyaratan administrasi sudah dipenuhi dan sama dengan yang lain (Peserta yang lolos seleksi),” ungkap Andi (38), salah satu pelamar seleksi calon peserta Bimbingan Kerja Operator Produksi Migas (BKOPM) PT Pertamina EP dan UBEP Limau Tahun 2012, ditemui usai menyampaikan aksi protesnya.

Menurut pekerja kontrak dilingkungan PML PT Pertamina EP Region Sumatera ini, semenjak beberapa kali mengikuti tes seleksi peserta BKOPM, baru kali ini dirinya dan pekarya lain tidak dipanggil dikarenakan tidak lolos seleksi administrasi. “Ada apa ini, kok kelengkapan persyaratan kami sama tapi tidak dipanggil sama sekali,” gerutuknya, seraya akan memertanyakan persoalan tersebut ke bagian Sumber Daya Manusia (SDM) PT Pertamina EP Region Sumatera.

Tidak hanya memertanyakan hasil tes seleksi administrasi yang dilakukan Tim Panitia penerimaan peserta BKOPM PT Pertamina EP – UBEP Limau, terhadap ratusan pelamar. Pihaknya juga memprotes salah satu pelamar (peserta -red) yang belakangan diketahui sudah dipecat secara tidak hormat. “Seleksi penerimaan peserta BKOPM ini benar-benar mencurigakan, karena ada diikuti 1 pekarya yang sebelumnya sudah diberhentikan secara tidak hormat tapi bisa mendaftar dan namanya lolos masuk untuk tes tahap berikutnya,” tuturnya.

Senada dikatakan Oto, pekarya yang juga bekerja dilingkungan PML. Menurutnya, penerimaan seleksi calon peserta BKOPM PT Pertamina EP – UBEP Limau tahun 2012 ini dari awal sudah tidak transparan dan terbuka. Salah satu dia sebut, sedikitnya jumlah quota pekarya lokal dari Prabumulih yang dinyatakan lolos seleksi dan hanya didominasi dari tenaga pekarya luar.

“Seperti untuk UBEP Limau, dari 88 peserta yang dinyatakan lolos seleksi, hanya 32 diantaranya diketahui berasal dari Kota Prabumulih. Selebihnya banyak dari daerah luar, bahkan ada dari Provinsi Aceh,” jelas Oto, dengan nada mengkritik.

Kepala Disnakertrans Kota Prabumulih, M Samosir, melalui Kepala Bidang Hubungan dan Pengawas Tenaga Kerja (Hubwasnaker), Junaeka, saat dikonfirmasi terkait aksi protes puluhan peserta calon seleksi BKOPM, mengatakan sudah bukan wewenang pihak Disnakertrans Kota Prabumulih. “Masalah itu sudah urusannya Pertamina, kita hanya menerima dan melaksanakannya dilapangan,” sebut Junaeka, ketika dihubungi lewat telepon genggam.

Lebih jauh dikatakannya, pihaknya hanya bertugas melakukan pengumuman penerimaan sampai kelulusan peserta seleksi BKOPM PT Pertamina EP – UBEL Limau. “Termasuk urusan pelaksanaan tes seleksi kita hanya membantu dan bekerja sama dengan pihak Pertamina selaku penyelenggara, masalah seleksi administrasi tetap urusan Pertamina,” jelasnya.

Seperti yang telah diumumkan pihak Disnakertrans Kota Prabumulih, dari ratusan peserta calon seleksi BKOPM yang dinyatakan lolos seleksi administrasi, yakni untuk di UBEP Limau terdapat 88 peserta yang lolos. Sementara PT Pertamina EP Region Sumatera berjumlah mencapai 615 pelamar.

“Seluruh peserta yang dinyatakan lolos seleksi ini baik BKOPM dari PT Pertamina EP – UBEP Limau, kembali akan mengikuti tes seleksi Psikotes pada tanggal 13 – 14 Maret 2012 nanti. Bagi yang tidak hadir, dinyatakan gugur,” sambung Junaeka lagi.(dn)


Site Launch
Site Launch