Sun04202014

Last update02:21:23 AM GMT

Font Size

Profile

Menu Style

Cpanel
Back Nusantara Kalimantan Kalimantan Barat Kabid Humas Polda Kalbar: Singkawang Kondusif

Kabid Humas Polda Kalbar: Singkawang Kondusif

PONTIANAK, BeritAnda - Menanggapi pertanyaan terkait kondisi Kota Singkawang pasca aksi unjuk rasa kelompok massa pendukung salah satu calon peserta Pemilihan Walikota Singkawang, Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Kepolisian Daerah Kalimantan Barat, Ajun Komisaris Besar Polisi, Mukson Munandar mengatakan saat ini situasi Kota Singkawang kondusif.

Ditemui usai menghadiri pelantikan 71 orang Brigadir Polisi Dua, yang diselenggarakan di Sekolah Polisi Negara (SPN) Pontianak, Selasa (2/10/2012), Mukson membenarkan bahwa pada hari Senin (1/10/2012) kemarin sekitar pukul 11.00 WIB sampai dengan pukul 13.00 WIB, terjadi aksi unjuk rasa di Kota Singkawang, yang memprotes pelaksanaan pemilukada di Kota Singkawang karena dinilai banyak terdapat pelanggaran berupa banyaknya nama yang tidak terdaftar di DPT.

“Situasi unjuk rasa memang panas, tapi tidak ada korban. Sampai pukul 13.00 WIB situasi sudah aman,” ujarnya.

Menindaklanjuti kejadian tersebut, Kabid Humas mengungkapkan bahwa pihak kepolisian, khususnya Polres Singkawang berupaya menggelar dialog antar tokoh masyarakat di kota Singkawang pada pukul 14.00 WIB. “Pak Kapolda dan beberapa pejabat utama juga ada di sana (Singkawang),” kata Mukson.

Dikatakan Kabid Humas, menurut informasi yang diperolehnya, pelaku unjukrasa adalah kelompok-kelompok yang tidak senang dengan Pemilukada yang sudah aman dan sudah ditetapkan pemenangnya.

Sementara menurut sumber BeritAnda.com, pertemuan di Mapolres Singkawang, dihadiri oleh puluhan tokoh masyarakat Kota Singkawang diantaranya dari unsur etnis Melayu, Tionghoa, Dayak maupun dari DPRD Singkawang dan unsur ormas.

Dalam pertemuan, Kapolres Singkawang AKBP Prianto menghimbau agar semua pihak bersama-sama untuk menciptakan kondisi pasca Pilwako yang aman dan damai. Selanjutnya, jika ada aksi unjuk rasa dan kegiatan pengerahan massa tanpa melaporkan dan tidak jelas, Kapolres menyatakan tidak segan untuk menindak tegas sesuai hukum yang berlaku.

Dan dari dialog tersebut, terkuak bahwa massa yang melakukan unjuk rasa di kantor Panwaslu Singkawang, yang didominasi oleh etnis tertentu, karena mendapat SMS gelap yang menghimbau agar mencoblos ulang di kantor Panwaslu Jl. Latsitarda, Kaliasin, Singkawang Selatan. (mwd/rfi/yus)

Site Launch
Site Launch