Thu04172014

Last update06:45:46 PM GMT

Font Size

Profile

Menu Style

Cpanel
Back Nusantara Kalimantan Kalimantan Barat Penegakan Hukum di Indonesia Belum Tegas Soal Narkoba

Penegakan Hukum di Indonesia Belum Tegas Soal Narkoba

PUTUSSIBAU, BeritAnda - Narkoba semakin hari semakin mengguncang bangsa Indonesia, tidak mengenal tempat, baik kota besar hingga kepelosok, kapan dan dimana saja bahaya barang haram ini mengancam generasi muda dan perlahan-lahan menghancurkan Bangsa ini.

Pejabat, Artis, pelajar bahkan hingga lapisan masyarakat, biasa terjerumus kedalamnya. Oleh karena itu perlu kesadaran semua pihak dan perlu ketegasan dalam menegakan aturan dan hukum untuk memberantas narkoba.

Menanggapi hal tersebut, Baco Maiwa, Anggota DPRD Kabupaten Kapuas Hulu, mengatakan bahwa dalam pemberantasan Narkoba perlu komitmen semua pihak terutama para penegak hukum, sebab menurut Baco, mafia Narkoba telah menjadikan Indonesia ini sebagai pasar internasional.

“Regulasinya harus jelas terutama yang berkaitan dengan sanksi sosial masyarakat, bahkan aturan dan hukuman juga harus tegas, bila perlu siapkan penjara khusus untuk Narkoba, namun yang selama ini terjadi penegakan hukum belum tegas, karena bisnis Narkoba duitnya cukup banyak, siapa yang tidak tergiur. Sehingga dalam pemberantasan Narkoba terkadang terkesan pilih kasih, seharusnya tidak tebang pilih, siapapun dia, mau dia anak pejabat, konglomerat, kerabat pejabat, bahkan pejabat sekalipun, apabila terbukti terlibat mesti ditindak sesuai hukum yang berlaku,” ucapnya saat ditemui BeritAnda.com, Senin (28/1/2013).

Sementara itu, Agus Mulyana, Ketua BNK Kapuas Hulu, juga mengatakan bahwa dalam memberantas Narkoba memang perlu kesadaran semua pihak, bukan hanya tugas penegak hukum akan tetapi tanggungjawab semua pihak termasuk masyarakat.

“Perlu kesadaran dan komitmen kita semua dalam mencegah, dan memberantas ancaman Narkoba terutama di Bumi Uncak Kapuas, apalagi daerah kita ini berbatasan langsung dengan Negara Malaysia, jika kita tidak sikapi dengan serius, bahaya Narkoba ini kapan saja bisa menghancurkan para kaum muda di Kapuas Hulu ini, sehingga saya berharap pengawasan seluruh masyarakat juga berperan aktif dalam menyelamatkan Bumi Uncak Kapuas ini dari bahaya Narkoba terutama anak-anak muda,” ungkap Agus, yang juga sebagai Wakil Bupati Kapuas Hulu.

Tidak hanya itu, hampir setiap moment kunjungan kerja kesejumlah kecamatan, Abang Muhammad Nasir, Bupati Kapuas Hulu, juga selalu menghimbau agar seluruh masyarakat Kapuas Hulu selalu mewaspadai bahaya Narkoba terutama untuk kaum muda termasuklah pelajar. Menurut Nasir, pengawasan orang tua mesti terus ditingkatkan, karena penyakit Narkoba yang mengancam tersebut dapat merusak anak bangsa.

“Banyak penyakit yang dapat merusak kaum muda, bukan hanya Narkoba tetapi bahaya HIV-Aids, serta pergaula bebas, juga dapat merusak tatanan bangsa ini, khususnya di Bumi Uncak Kapuas, jangan sampai masa depan anak-anak kita dan daerah kita ini rusak, peran dan arahan serta pengawasan orang tua sangat penting, dan memerlukan kesadaran semua pihak.” (tm)

Site Launch
Site Launch