Mon04212014

Last update02:21:23 AM GMT

Font Size

Profile

Menu Style

Cpanel
Back Gaya Hidup Kesehatan Terapi Bekam: Pengobatan Herbal Alami Dari Zaman Nabi

Terapi Bekam: Pengobatan Herbal Alami Dari Zaman Nabi

PADANG, BeritAnda - Hijamah atau lebih dikenal teknik terapi bekam atau penyembuhan dengan jalan membuang darah kotor dari dalam tubuh melalui permukaan kulit merupakan cara klasik yang sudah dikenal di berbagai bangsa di dunia. Kertas-kertas papyrus yang pernah ditulis bangsa Mesir kuno menjadi bukti adanya pengobatan dengan sistem Hijamah tersebut.

Klinik Sehati milik Uda Buyung Abu Jadid yang terletak di Jl. Soekarno Hatta No.151 Koto Nan Ampek Kota Payakumbuh (Depan Perumahan Kodim) Provinsi Sumatera Barat merupakan salah satu klinik herbal yang mengutamakan terapi bekam, ruqyah dan pondok herbal. Terapi bekam merupakan pengobatan yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW sebagaimana dijelaskan dalam hadist Bukhari, Dari Ibnu Abbas r.a. Rasulullah bersabda : "Kesembuhan (obat) itu ada pada tiga hal: dengan minum madu, pisau hijamah (bekam), dan dengan besi panas. Dan aku melarang ummatku dengan besi panas." (Hadist Bukhari).

Sehat dan sakit itu ibarat dua sisi mata uang. Dalam hal ini, sejak jauh hari Islam telah memberikan tuntunan tentang usaha-usaha menjaga kesehatan jasmani dan rohani, begitu pula tuntutan yang lengkap tentang metode pengobatannya bila kita sakit. Metode pengobatan Islami atau yang dikenal dengan Ath-Thibbun Nabawi bersifat mutlak dan Insya Allah targetnya memang benar-benar menyembuhkan, konsep pengobatan Islami ini datangnya dari Allah dan Rasul-Nya, tidak seperti media Konvensional yang mendasari metodenya bersifat try and error. Salah satu pengobatan Islami yang langsung dipraktekkan oleh Rasulullah SAW yakni metode Hijamah atau yang dikenal sebagai pengobatan bekam.

Pada masa perkembangan Islam, pengobatan ini marak dipraktekkan oleh para sahabat-sahabat Nabi dan Nabi sendiri suka sekali dengan Hijamah, sampai-sampai tetap dilakukan pengobatan ini ketika berpuasa, ihrom maupun dalam shafar. Mengingat keefektifan cara pengobatan ini, Rasulullah SAW mengakui dan menetapkan pengobatan Hijamah ini bagi seluruh umat Islam.

“Klinik Sehati pun sudah dijadikan sebagai sekretariat asosiasi bekam Indonesia dibawah pengawasan DR. Erlina. Alhamdulillah masyarakat yang merasa nyaman dan cocok dengan terapi bekam klinik Sehati sudah berdatangan dari daerah lain di luar Sumatera Barat seperti dari Pekanbaru Riau,” ungkap Uda Buyung selaku konsultan medis Klinik Sehati. (Fd)


Site Launch
Site Launch